5 Tipe Pecontek

.
Bukan hanya di ujian nasional saja, di ujian biasa atau ulangan juga sering ditemui praktek kecurangan. Diantaranya adalah meminta jawaban, bekerjasama dan mencontek jawaban dari teman atau buku. Bagi kamu yang sudah pernah atau bahkan sering mencontek saat ujian tentu akan tahu tipe-tipe pencontek. Termasuk tipe pecontek yang manakah kamu ini? Berikut jawabannya. 

1. Pencontek Newbie 
Pencontek newbie adalah orang yang baru belajar nyontek. Biasanya pencontek newbie ini merupakan mereka yang sudah putus asa saat belajar atau sekedar coba-coba untuk mencontek. Ciri dari pencontek newbie adalah selalu grogi atau deg-degan saat mencontek. Berani mencontek saat tidak ada pengawas dan sering ketahuan oleh pengawas. Emang lagi apes kayaknya.

2. Pencontek Kepepet 
Pencontek kepepet adalah orang-orang yang biasanya anti nyontek dan tidak pernah nyontek namun akhirnya mencontek karena kondisi genting. Biasanya ini terjadi di penghujung waktu untuk mengumpulkan lembar jawab. Mereka yang belum bisa menjawab langsung lari ke sana – ke mari untuk meminta sedekah jawaban. :D Triknya adalah nyontek teman sebelah, depan dan belakang.

3. Pencontek Pelit 
Pencontek pelit adalah pencontek yang hobi nyontek tapi pelit dan tidak rela bagi-bagi (kyak iklan silverquenn.. ha ha ha). Cirinya, dia tidak akan segan untuk minta jawaban atau membuka buku untuk mencontek. Namun, ketika ada yang minta jawaban sama dia pasti jawabannya selalu “belum”. Padahal kenyataannya sudah. Dia juga tidak segan meninggalkan rekan seperjuangannya begitu saja. Ketika dia sudah selesai pasti dia langsung menyerahkan lembar jawabnya kepengawas tanpa memikirkan rekannya. Pokoknya kalo ketemu orang kayak begini bawaannya pengen nonjok mukanya aj..!!

4. Pencontek Nekat 
Pencontek nekat adalah orang yang sudah nekat saat mencontek. Cirinya, mencontek terang-terangan seperti menengok teman sebelah tanpa melihat kondisi, menaruh buku di atas meja dan ngancem kalo minta jawaban sama temannya. Biasanya tipe ini paling sering tertangkap saat mencontek karena cenderung ceroboh.!

5. Pencontek Profesional 
Pencontek peofesional adalah orang yang sudah ahli dan tidak pernah ketahuan saat mencontek. Biasanya mereka punya trik atau cara khusus agar tidak ketahuan saat mencontek. Pencontek profesional ini merupakan orang yang kreatif, penuh akal dan pandai membaca situasi. Sayangnya kelebihannya itu digunakan dalam hal yang tidak baik.

Bagi kamu yang tidak pernah mencontek sebaiknya jangan pernah mencoba mencontek. Selain tidak baik, mencontek juga bisa bikin ketagihan dan buat kamu malas belajar. Jadi, giat-giatlah belajar agar saat ujian atau ulangan kamu tidak perlu mencontek.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.